Cara Membasmi Rayap Dengan Baygon Terbukti Ampuh? Fakta Nomor 3 Ternyata

Apakah cara membasmi rayap dengan baygon efektif?

Rayap bisa dikatakan menjadi salah satu serangga yang identik dengan lingkungan manusia, oleh karena serangga ini mengkonsumsi selulosa yang bisa mereka dapatkan dari material kayu yang ada di lingkungan manusia.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang cara membasmi rayap dengan baygon yang cukup sering dilakukan namun menimbulkan keraguan; apakah cara tersebut ampuh?

Membasmi rayap dengan baygon tindakan reflek

Berdasarkan pengalaman mendengarkan cerita dari para klien, umumnya respon awal yang dilakukan oleh ibu rumah tangga ketika pertama kali melihat rayap di rumahnya adalah menyemprotnya dengan baygon atau aerosol pembasmi serangga sejenis.

Benarkah cara membasmi rayap dengan baygon atau produk sejenisnya mampu menyingkirkan rayap secara efektif?

Jawaban singkatnya adalah; baygon mampu membunuh rayap ketika terjadi kontak namun tidak mampu secara efektif menyingkirkan rayap.

Dengan memahami karakteristik rayap maka kita akan memahaminya lebih lanjut.

Apa itu baygon?

Baygon adalah merek insektisida yang diproduksi oleh S. C. Johnson & Son. Dimana merk ini sangat populer di Indonesia bahkan menjadi nama generik bagi produk sejenis, dimana orang akan menyebut nama semua obat nyamuk adalah baygon walaupun merk sebenarnya bukan baygon.

Seperti ketika orang menyebut nama aqua untuk menyebut air minum kemasan, atau nama sanyo untuk mesin air.

Di Indonesia baygon menjual berbagai varian produk, mulai dari yang berbentuk gas aerosol, obat bakar, kertas bakar, cairan elektrik, hingga varian one push (sekali semprot serangga tewas semua).

Kegunaan produk ini, sebagaimana yang tercantum di label produk, adalah untuk membasmi atau pengendali nyamuk, kecoa, lipan, dan semut. 

Dan ketika anda membaca secara seksama di label kemasan baygon, maka anda tidak akan menemukan kata rayap. Karena memang produk ini tidak dikhususkan untuk membasmi rayap. Jadi membasmi rayap dengan baygon apakah pilihan yang efektif? Jawabnya adalah tidak.

Mengapa baygon kurang efektif membasmi rayap?

Berbeda dengan jenis serangga lain seperti nyamuk, semut, kecoa dan lipan, maka rayap memiliki cara hidup yang berbeda.

Rayap jarang sekali atau bahkan tidak akan melakukan kontak terbuka dengan manusia, karena rayap hidup dalam persembunyiannya di dalam kayu, dinding, atau terowongan lumpur tanah yang mereka buat.

Ketika anda menyadari keberadaan rayap dan seketika menyemprotnya dengan baygon, maka insektisida yang dihembuskan hanya mampu membunuh beberapa ekor rayap yang tampak saja.

Sedangkan koloni rayap yang jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan ekor tetap aman di dalam persembunyian mereka tanpa tersentuh oleh insektisida yang anda semprotkan.

Rayap akan melindungi koloninya

Ketika anda menyemprot satu titik dimana anda menemukan rayap, maka koloni rayap yang lainnya akan segera merespon bahaya dengan menutup atau mengisolasi jalur terowongan tersebut.

Parahnya lagi, anda tidak akan pernah mengetahui seberapa parah level serangan rayap yang sebenarnya anda alami setelah anda menyemprotnya dengan baygon.

Untuk sementara waktu mungkin anda akan merasa tenang karena melihat beberapa rayap telah mati terkena baygon, namun tanpa disadari koloni rayap yang lain tetap bekerja nonstop di bawah permukaan menggerogoti material kayu rumah anda.

cara membasmi rayap dengan baygon

Cara membasmi rayap yang lebih efektif dibanding baygon

Jika cara membasmi rayap dengan baygon kurang efektif, lalu produk apa yang lebih efektif untuk membasmi rayap?

Untuk membasmi rayap secara efektif anda perlu menggunakan produk yang memang dikhususkan untuk membasmi rayap atau yang disebut termitisida.

Namun jenis produk ini tidak akan mudah anda temukan di toko kelontong, minimarket, atau swalayan terdekat, karena produk termitisida hanya dijual di toko khusus. Mengapa demikian?

Karena produk termitisida bukanlah produk praktis siap pakai seperti baygon, tetapi memerlukan cara khusus untuk mengaplikasikannya.

Kenali sebelum menggunakan pestisida

Beberapa produsen termitisida dan pestisida seperti Bayer mencantumkan keterangan pada kemasan produknya dengan peringatan; “Tidak boleh digunakan oleh perorangan, hanya oleh pest control atau petugas dinas kesehatan.”

Jika anda memutuskan untuk menggunakan termitisida maka pastikan anda memahami dulu cara kerjanya, bahan yang digunakan, manajemen resiko, merek terdaftar.

Dan pastikan menggunakan alat pelindung diri dan alat kerja pendukung yang memadai. Atau jika anda ragu atau tidak ingin repot membasmi rayap dengan termitisida, maka kami merekomendasikan untuk menghubungi jasa pengendali rayap profesional.

Perlukah memanggil jasa pengendali rayap profesional?

Jasa pengendali hama profesional telah memiliki pengalaman panjang dalam permasalahan hama, sehingga mereka tau apa yang harus dilakukan, termitisida apa yang efektif dan aman, dan metode apa yang paling tepat untuk digunakan dalam mengendalikan rayap.

Jika anda memerlukan inspeksi rayap gratis, silahkan hubungi/klik tautan kami di nomor berikut: 0821-36-888-555

Demikianlah informasi Hamapedia tentang; membasmi rayap dengan baygon.

Semoga artikel ini dapat membantu, dan jangan lupa untuk meninggalkan komen dan bagikan ke media sosial kamu jika informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Beri rating artikel ini*

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *