Apakah Rayap Menggigit Manusia? Fakta No.3 Jarang Diketahui

apakah rayap menggigit manusia

Bisakah rayap menggigit manusia?

Seperti yang kita ketahui, rayap adalah jenis serangga yang memiliki kemampuan untuk memberikan dampak kerusakan yang parah pada sebuah bangunan, tetapi apakah rayap menggigit manusia? Atau membahayakan hewan peliharaan?

Jawaban singkatnya adalah benar bahwa rayap memiliki kemampuan untuk menggigit manusia atau hewan peliharaan anda, namun kemungkinan hal itu terjadi sangatlah kecil.

Dengan memahami perilaku rayap berikut maka anda tidak akan khawatir bahwa rayap akan menyerang untuk menggigit anda atau keluarga yang anda sayangi.

Sistem kasta pada koloni rayap

Rayap adalah serangga yang bergerak lambat, mereka bersembunyi di area yang gelap dan lembab untuk memperluas wilayah mereka.

Ada jenis rayap bersayap atau yang disebut laron yang memiliki pergerakan lebih cepat, namun keberadaannya pun cenderung tidak membahayakan manusia kecuali ketika mereka diganggu.

Sistem kasta rayap hampir sama dengan semut atau jenis serangga lainnya, yang meliputi kelas reproduksi, rayap pekerja, dan rayap tentara.

Di antara ketiga kasta tersebut, rayap tentara adalah jenis yang memiliki kemampuan paling besar untuk menggigit manusia atau hewan, karena jenis ini memiliki ukuran kepala yang lebih besar serta rahang kuat dan tajam yang dirancang untuk melindungi koloni mereka dari pemangsa.

Namun demikian, rayap tentara tidak akan serta merta menyerang manusia kecuali mereka merasa terancam, seperti ketika anda baik secara sengaja atau tidak sengaja mengganggu atau merusak sarang mereka.

apakah rayap menggigit manusia

Jadi apakah rayap menggigit manusia

Pada dasarnya anda tidak perlu khawatir rayap akan menggigit anda, keluarga, atau hewan peliharaan.

Kasus gigitan rayap sangat jarang sekali terjadi, dan sekalipun itu terjadi gigitan rayap tidak menyebabkan penyakit atau infeksi yang memerlukan perjalanan ke ruang gawat darurat.

Apa yang perlu dilakukan jika digigit rayap?

Seperti yang telah dijelaskan bahwa gigitan rayap tidak mengakibatkan infeksi atau bahkan dapat menghambat aktivitas keseharian anda.

Umumnya efek gigitan rayap menyebabkan rasa gatal dan meninggalkan bekas bentol atau kemerahan, namun hal itu akan hilang dalam hitungan beberapa hari (1 – 3 hari).

Namun jika anda merasakankan gejala yang lebih buruk setelah digigit rayap, mungkin anda perlu konsultasi ke dokter. 

Terdapat kemungkinan anda memiliki reaksi alergi tertentu terhadap gigitan serangga, atau kemungkinan lain yang menggigit anda bukanlah rayap melainkan serangga jenis lain yang memiliki efek toksik pada manusia.

uang dimakan rayap

Apa yang perlu ditakutkan dari rayap?

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa anda tidak perlu khawatir bahwa rayap menggigit manusia atau hewan peliharaan.

Namun yang sebenarnya hal lain yang lebih perlu dikhawatirkan dari rayap adalah kemampuannya untuk merusak investasi dan properti anda. 

Koloni rayap memiliki kemampuan yang sangat besar untuk mengancam bangunan lama atau bangunan baru anda dan memakannya. Bahkan rayap juga disebut sebagai salah satu faktor penyebab kerusakan rumah selain kebakaran dan banjir.

Rayap menyebabkan pengkroposan pada penopang atap rumah, lantai kayu, plafon dan langit-langit, dan furniture. Rayap juga berpotensi memakan dan merusak buku, uang kertas, pakaian, dan dokumen-dokumen penting lainnya.

Jika anda menemukan rayap di rumah anda, yaitu serangga yang terlihat seperti semut putih yang mengeluarkan suara berisik ketika area sekitarnya diketuk, atau anda menemukan tanda-tanda rayap seperti serpihan sayap di jendela atau dekat lampu, butiran halus seperti kayu, atau terowongan tanah yang menjalar di dinding dan furniture anda maka segera hubungi jasa pengendali rayap profesional Petrokil Pest Control.

Kami sangat menyarankan anda untuk menjadwalkan pemeriksaan hama secara teratur untuk bangunan rumah atau properti lainnya. Hal ini akan membantu anda mencegah serangan rayap atau hama lainnya lebih awal, karena mencegah lebih baik daripada menanggulangi.

Jika anda memerlukan inspeksi hama gratis, silahkan hubungi/klik tautan kami di nomor berikut: 0821-36-888-555

Demikianlah informasi Hamapedia tentang; apakah rayap menggigit manusia? Semoga artikel ini dapat membantu, dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan bagikan ke media sosial anda jika informasi yang kami berikan ini bermanfaat. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Beri rating artikel ini*

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *